0857 9076 2271
smpn2parang@gmail.com
Magetan, Jawa Timur, Indonesia.
blog-img
26/08/2021

Sparda Menuju Sekolah Digital

Administrator | Pendidikan

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis digital menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan sekolah digital ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. Saat ini konsep sekolah digital sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi sekolah digital khususnya di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas). 

Sekolah digital merupakan sebuah sistem informasi elektronik berbasis akademik, yang dapat menjadikan proses belajar mengajar mudah dan terarah. Hal Ini dimungkinkan karena di dalam sekolah digital guru dan siswa dapat berkomunikasi secara virtual (maya) melalui aplikasi social learning. Konsep sekolah ini sebenarnya bukan satu-satunya sistem informasi akademik yang ada, akan tetapi sekolah digital adalah platform pendidikan terlengkap. Konsep ini kelak di masa depan akan menjadi kebutuhan suatu sekolah terbuka bagi seluruh manusia.

Sekolah Digital juga merupakan sebuah sistem jejaring sosial akademik yang mengintegrasikan 3 (tiga) hal sekaligus dalam satu sistem berbasis web yakni sistem informasi akademik, komunikasi akademik stakeholder pendidikan, dan e-learning, bahkan produk digital bisa dibagikan (share) di sekolah digital data pusat (center). Oleh karena itu, SMP Negeri 2 Parang akan merubah konsep sekolah dengan mengadopsi sekolah digital secara bertahap. Hal ini dilakukan dengan tujuan :

  1. Meningkatkan mutu pendidikan secara massal. Dengan masuknya teknologi digital ke dalam lingkungan sekolah, diharapkan pengalaman belajar yang didapatkan peserta didik akan semakin baik, kualifikasi tenaga pengajar semakin meningkat dan sistem manjerial sekolah semakin baik.
  2. Mengefektifkan sumber daya yang dimiliki sekolah, misalnya seperti pemanfaatan jaringan internet dalam kegiatan
    pembelajaran, pengembangan modul dan konten kreatif untuk pembelajaran, pelaporan hasil belajar dan progress laporan terkomunikasikan dengan lebih cepat.
  3. Mengoptimalkan potensi yang dimiliki peserta didik (creative thinking, problem solving, problem possing, etc). Masuknya teknologi digital ke dalam kegiatan pembelajaran secara tidak langsung telah membuka pengalaman belajar baru terhadap guru dan peserta didik. Diantaranya adalah dengan meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan ruang sumber belajar yang lebih luas dan cara berinteraksi di kelas yang lebih positif.

Menuju Sekolah Digital

Secara garis besar, proses komunikasi akademik dalam Sekolah Digital antara lain:

  • Kelas digital (Pemanfaatan LMS)
  • Ekstrakurikuler digital
  • One day digital (Sehari siswa sekolah pakai gadget)
  • Ujian Online
  • Absensi Online
  • Perputakaan Digital
  • dll

Untuk mencapai sekolah digital tentu butuh proses dan dukungan semua pihak, baik guru, siswa, karyawan, orang tua dan masyarakat sekitar. Semoga dengan ini SMP Negeri 2 Parang bisa menjadi piloting project dalam pengembangan sekolah berbasil digital khususnya dilingkup Kabupaten Magetan.

Bagikan Ke:

R

ROSYID
26 Aug 2021 20:38

Mantab, Sparda semakin maju dan jaya


s

seno, M.Pd.
26 Aug 2021 20:39

Semoga niat kita semua keluarga besar Sparda ini bisa terwujud, aamiin.


D

Dwi Yuli R
27 Aug 2021 06:39

Semoga terwujud demi masa depan anak bangsa yang berkualitas mengikuti era IT


Populer